KEARA (Judul Sementara)

 

Erste Datei

            Setiap orang punya cara tersendiri dalam mengisi weekend but for me wekeend it’s just imposibble happen in my life atau gini deh orang kalau wekeend itu biasanya, hari dimana mereka berkumpul dengan keluarga atau meluangkan waktu untuk ketemu sama orang yang kita sayang misal anak yang biasanya ditinggal di tempat penitipan weekend orang tua mereka bisa meluangkan waktu untuk menemani anak mereka bermain atau sekedar mendengarkan mereka bercerita, membantu mereka mengerjakan PR maybe kalau anaknya ada PR setelah lima atau enam hari kerja bertemu saat pagi dan malam sebelum tidur kalau anaknya masih bangun kalau udah tidur ? ya gak ketemu atau yang masih single bisa memanfaatkan waktu untuk istirahat atau sekedar hangout bareng teman untuk menghilangkan penat dan menjaga kewarasan agar mereka bisa melanjutkan kerja di hari senin. Ya setiap orang beda – beda dalam mengisi wekeend mereka.

            Harusnya  sabtu ini hari liburku setelah dua hari lalu balik ke jakarta setelah sebulan di kota orang untuk kerja menguras tenaga, pikiran, dan emosi dan akhirnya bisa pulang itu sangat menyenangkan. Tapi tidak setelah telepon yang kuterima tadi setelah menyelesaikan sarapan pagiku meskipun udah jam sebelas ya masih dibilang sarapan ya kan orang baru bangunnya sekitar jam segituan hehe. Saat orang – orang lagi spend wekeend mereka aku malah otw ke tempatku kerja karena tadi pagi ada panggilan telfon dari Mbak Nadya, ya Mbak Nadya atasanku di kantor. aku kerja di salah satu Non Govenrment Organization yang fokusnya di bidang sosial, pendidikan, perlindungan yang menangani berbagai kasus anak dan perempuan, dan pemberdayan. Aku sebagai praktikan disana yang menangani problem di lapangan dari bentuk mikro sampai makro. Kadang urusannya sama anak – anak kadang juga sama bapak/Ibu pembuat kebijakan untuk memperjuangkan hak mereka, mulia banget ya kerjaku tapi kalau sohibku bilang “Halah sok suci lo, padahal kan tiap hari ngelu capek pindah dari satu kota ke kota lain atau dari negara satu ke negara lain”. Ya namanya manusia ngelu dikit gapapa kan ya. Jadi inget kata kata bagian prolognya Ruly dari novel kecintaan gue Antologi Rasa Karya Ika Natassa yang mengutip dari sahabatnya Keara “dimana pekerjaan itu hanya pengisi antara wekeend”. Maunya juga begitu tapi my workday not the same with another people in office yang kerjanya from sunday till thursday I am NOT.

Setelah parkir mobil aku bergegas ambil tas ransel yang isinya laptop, botol minum, novel, peralatan tempur gue kalau lagi kerja lainnya di dalamnya. Gue berjalan ke dalam kantor dan naik lift sendiri ya sendiri karena ini hari libur kalau kalian aku ingatkan lagi hari ini adaah weekend tapi karena aku pratikan, yang jatah liburnya tidak menentu waktuku gak ada yang bisa prediksi termasuk diriku sendiri dan harus siap 24 jam karena itu adalah tuntutan kerja dan kita gak tau problem atau klien tiba tiba dateng, pokoknya kerjaku kek UGD harus siap siaga saat ditelfon. Gila gak sih kalian denger story about my job karena aku lebih gila lagi.

Gue masuk ruang Mbak Nadya yang lagi baca dokumen dan bisa kutebak itu adalah kasus yang bakal gue tangani.

Tok – tok

“Masuk”

"Pagi Mbak Nad" Sapaku sama Mbak Nadya setelah diijinkan masuk keruangannya

Mbak Nadya beralih menatapku "Eh lo Ken, lama banget datengnya" Balas mbak Nadya lagi "Otw dari bekasi mbak kemarin abis nginep di rumah kakak" balasku sambil meringis

"Nih dokumennya, pelajari dan analisis dulu abis itu ambil tiket lo di Niken dan lo terbang nanti malem" Kata Mbak Nadya tanpa tedeng aling-aling dan langsung to the point. Tuh kan apa aku bilang baru juga pulang udah disuruh pergi lagi

"Malam ini juga mbak ?" Tanyaku kali aja salah denger tadi  

"Iyalah malam ini juga urgent banget soalnya, gapapa kan ?" Balas Mbak Nadya lagi.

Dengan senyum gue hanya bisa jawab "Gapapa lah mbak udah jadi tugas saya” Tugas my ass tapi hanya kutakan dalam hati yaiyalah mau didepak dari kantor apa berani bilang gitu ke atasan  “saya ke ruangan dulu deh kalau gitu Mbak, Mbak Nadya langsung pulang ?"

"Enggak gue mau ke tempat Aryo, tuh anak lagi di ruangannya gue suruh selesain laporan kasus yang kemarin gak rampung – rampung heran gue sama dia" jawab Mbak Nadya yang mungkin keliatan kesal.

"Kasus anak yang selesai dua minggu lalu?" tanyaku lagi dan dianggukin sama mbak nadya dan langsung keluar ruangan.

Gue juga keluar ruangan setelah Mbak Nadya keluar dan berlalu ke ruangan gue sendiri dan mulai untuk lihat kasus apa yang kali ini yang harus tanganin dan menganalisis beberapa kemungkinan yang akan muncul, jadi inget Mbak Nadya tadi bilang mau ke ruangan Aryo tumben banget dia dapet tegur biasanya paling rajin meskipun gak rajin rajin banget tapi gak sampai deadline begini ngerjain laporan, Kenapa tuh anak apa ada masalah, Ntar deh aku tanyain kalau  balik kesini lagi dan sekarang Kean kAMU harus fokus sama kasus satu ini dan terbang nanti malem.

Meskipun tuntutan kerjaanku yang mengharuskan 24 jam siaga dan siap terbang kemanapun ke belahan dunia lain aku cinta banget sama kerjaanku yang sekarang, meskipun sempet gak dibolehin sama mama  karena khawatir anak gadisnya dapat masalah. Tapi karena aku berhasil menyakinkan mama dengan baik jadinya dibolehin kerja disini dan aku tipe anak yang jarang pulang juga karena jauh banget kampung halaman dan juga karena jam kerja yang nuntut  untuk siaga 24 jam tapi aku juga sering nginep di tempat kakak gue yang ada di bekasi melepas kangen sama ponakan – ponakan yang udah mulai gede sekarang seperti tadi aku nginep disana setalah balik luar kota.

"Okee Kean lo sekarang harus konsentrasi pelajari nih kasus, fokus" ya aku ngomong sendiri cuman buat semangatin diri sendiri yang kerja di hari weekend.

Selama 2 jam berkutat dengan berkas -berkas untuk mempelajari kasus klien barunya dan juga udah mencatat hal penting untuk bahan assesment nantinya, Keana berdiri dari kursinya "Akhirnya kelar juga, lumayan juga nih kasusnya" sambil merengangkan otot – otot tubuhnya agar lebih rileks.

Terlihat meja kerja Keana yang sebelum rapi sekarang sudah tertutupi oleh berkas – berkas dan note kecil warna – warni yang digunakan Keana untuk menandai hal penting ataupun urgent yang mesti dia ingat sebelum ketemu klien. Kini, Keana beranjak untuk mengambil tas penting untuk menyimpan dokumen – dokumen yang sudah dia susun.

Tok – Tok terdengar pintu ruangan Keana diketuk oleh seseorang dan orang tersebut langsung nyelonong masuk meskipun belum di persilahkan "Kebiasaan lo, belum juga gue bilang masuk udah masuk aja" Omel gue

"Gak usah banyak omong deh lo, gue lagi suntuk banget nih" Balas Aryo dengan muka kusutnya yang udah kayak jemuran kering kakak gue.

Yaaah dia Aryo yang ketuk pintuku, Aryo itu teman kuliah yang gak disangka – sangka menjadi satu tempat kerja selama ini. Waktu kuliah gak begitu akrab sama si kunyuk nih tapi pas masuk kerja malah jadi best pren hehehe.

"Kenapa dah lo, kena omel Mbak Nadya kan lo gara gara belum selesain laporan"

"Iyalah pake nanya lo" Jawab Aryo kesal

Sedikit penasaran akhirnya aku nanya ke Aryo "Tumben banget lo telat, biasanya bisa kelar sebelum deadine, Kenapa lo sini cerita sama dedek?" Candaku sambil masukin dokumen dokumen penting  ke map.

Dia mulai frustasi sambil menjambak rambutnya "Gue bertengkar sama Lila lagi nih, dia minta putus mangkannya gue dari kemarin gak fokus buat ngerjain laporan"

"Oh my god, Again yo? Astaga kenapa lagi dah lu sama dia? Perasaan baru kemarin baikan terus weekend bareng" Tanyaku penasaran soalnya nih mereka berdua jarang bertengkar sampai bikin Aryo setres begini, bertengkar yang kemarin nih anak aja masih cengegesan ngejekin aku yang lagi di omelin mama lewat telfon.

"Dia minta gue ngelamar dia Kean, mangkannya gue stres banget sampe begini" Jawab Aryo melas dan jangan tanya responku of course gue langsung ngakak sampe sakit perut.

"Puas lo ketawain gue" Kesal Aryo

"Ya elo sih, udah disuruh ngelamar gak dilamar – lamar kasihan tuh anak orang di gantung, takit dikira gak impoten ya lo" Kataku sambil bangkit mengambil minum untuk si Aryo klien dadakanku hari ini.

"Gue masih bingung nih, kasih pencerahan buat gue dong biar gue gak stres kek begini, lo tega ngeliat gue kek gini di omelin Mbak Nadya mulu bisa bisa kalau gini terus gue dikasih sp 1 nih" Rengek Aryo dengan wajah melas banget serius melas banget jadi kasihan gue.

"Nih minum dulu tehnya, biar rileks"

"Thanks"

"Lo tau kan kalau konsultasi sama assesment sama gue bayarnya berapa, gue kan udah professional agent disini " Candaku lagi.

"Bener – bener lo ya sama temen, iye dah scraf yang kemarin lo liatin sampe netes tuh liur lo, minggu depan lo balik dari tugas tuh scarf udah ada di meja lo, deal?"

"Deal, baik banget lo sama gue" jawabku dengan semangat, gimana gak semangat kalau dapat scrafnya Fendi rejeki nomplok ditengah kerjaan numpuk hahaha. Soalnya pas hari kedua aku balik si kunyuk nih minta ditemenin cari kado buat pacarnya Lila itu eh pas lihat store Fendi ada scarf lucu mau beli tapi lagi bokek.

"Jadi gimana gue nih?" Tanya Aryo lagi

"Yo lo yakin nanya gue, bukan berarti gue gak mau kasih pencerahan atau apapun itu ya, tapi this is your relationship with Lila loh, harusnya lo diskusi sama dia bukan sama gue"

"Ya gue harus persiapan buat diskusi sama dia, mangkanya gue dateng ke lo,kenapa lo gak mau? kurang emang scraf doang?" Aryo mulai kesal

Waah nih anak lagi sensitif nih "Bukan gitu, lo tau kan gue single dari kapan tahun masak lo nanya beginian sama gue, meskipun gak lo kasih tuh Fendi gue bakal dengerin lo tau gak, lo temen gue Aryo"

"Iyaa tau, gue nih pusing gak bisa mikir mangkannya gue mau nanya lo biar gue tau apa yang mesti gue lakuin, lo tau kan bokapnya Lila kek apa" Jawab Aryo lagi,

Nih ya pada jaman aku sama Aryo pertama kali ketemu selesai wawancara kerja, dia masih pake motor dan gue masih pake angkutan umum cuy nah ketemunya sama si Lila nih pas dia lagi magang di kantor gue setelah 8 bulan gue sama Aryo keterima, eh gak tau gimana ceritanya nih berdua udah pacaran dan sampai sekarang gila gak tuh dan pas jaman jamannya itu nih Aryo suka diremehin sama bapaknya Lila tapi gak gentar nih bocah dan Lila juga nih nyemangatin si kunyuk satu ini dan sekarang cuman ngasih Fendi  mah gak ada apa – apa. Soalnya bapaknya Lila nih pengusaha men.

"Yo, lo butuh semangat atau apa sih? lo kok jadi insecure gini, bukan lo banget deh, Lo diremehin dari dulu sama bapaknya gak gentar sekarang disuruh ngelamar anaknya malah kek begini lo"

"Gue takut gak bisa kasih yang terbaik buat dia, dia yang dari kecil bercukupan kalau dia sama gue gimana Ken"

"Waaaah lo mesti gue gampar Yo buat sadar, Aryo lo sadar dong Lila nemenin lo dari lo miskin sampai sekarang gak pernah tuh dia ngelu kalau lo miskin gak punya duit, dia support lu Yo dan bertahan sampai sekarang dan lo masih ngeraguin dia buat jadi pendamping lo parah banget lo" Kataku berapi - api karna kesel 

Aryo tercengang dengan kata kataku "Gue gak ngeraguin dia sama sekali, gue percaya sama dia tapi keluarganya gak nerima gue gimana karna gue gini – gini aja"

"Maksut lo gini gini aja apaan sih, lo sekarang mapan Yo sadar dong, lo mau ngasih Fendi ke gue aja gak pake mikir, lo juga udah punya rumah, mobil dan mungkin tabungan lo banyak untuk siap nikah. Dan gue pikir Lila gak liat harta lo berapa tapi yang Lila liat adalah kalau lo cowok baik dan yang paling penting lo bertanggung jawab orangnya, jadi Lila mau gantungin hidupnya ke lo" Kata gue emosi denger kata "gini – gini aja" dari mulutnya si kunyuk satu ini.

"Lo kok emosi sih jadinya gue kan minta saran biar gak salah ambil keputusan nantinya, dan lo sohib gue yang paling deket buat gue ajak berbagi masalah gue Kean. Tapi thanks udah sadarin gue betapa pentingnya Lila buat gue" Kata Aryo senyum dan aku masih dengan tampang sebel sama dia.

"Ya lo pake insecure sama bapaknya, kasihan Lila tau gak untung lo ke ruangan gue kalau gak lo mesti nih mikirin sampe si Lila pegel nunggu jawaban lo dan lo ditinggal deh sama dia".

"Mulut lo Keana, tega lo liat gue ditinggal Lila" Kesal Aryo

"Ya salah lo sendiri pake mikir - mikir buat ngelamar cewek yang baik banget kek gitu, udah deh lo sana pergi gue mau beres – beres nanti malem gue flight terakhir nih" Kataku sambil nyuruh Aryo keluar dari ruangan. Dan aku keinget nih bocah tau darimana kalau aku lagi kantor "Lo tau darimana kalau gue mau pergi Yo?”.

"Mbak Nadya, lo pikir gue kesini tadi juga gara gara mbak Nadya bilang kalo lo lagi dikantor buat lihat berkas klien baru, Yaudah deh safe flight ya Ken. Fendi lo aman" Kata Aryo sambil keluar ruangan.

Fendi baru beibeeeh hahaha

Sebenernya  gak dikasih Fendi juga bakal dengerin curhatannya dia "Oke Kean lo sekarang mesti siap siap" aku keluar ruangan buat laporan ke Niken kalau aku udah siap buat berangkat malem ini. Kalian mesti tau Niken nih asisten gue especially asisten praktikan yang kerja di bidang perlindungan anak sama perempuan jadi Niken yang ngatur jadwal tiga praktikan termasuk aku, jadi tahu sendiri kalau gak ada niken jadwalku bakal berantakan banget karena aku mesti fokus buat tangani kasus. Salut aku sama Niken bisa handle tiga praktikan sekaligus dengan jam terbang udah tinggi.

"Hai, adek Niken" Sapaku sama Niken yang lagi fokus ngerjain sesuatu

"Eh, Mbak Keana udah selesai ya analisis dokumennya" Tanya Niken sambil senyum mengalihkan pandangannya dari tab

"Udah dong, tapi gak detail sih isinya ntar lah kalau udah disana gue lengkapi. Yaudah sini tiketnya mau langsung balik terus siap siap biar gak ketinggalan pesawat"

"Ohh gitu, tapi disana udah ada dua agent yang bakalan bantuin mbak Keana dan kantor disana udah ada dokumen lebih jelasnya deh, Ini tiket pesawatnya dan resevarsi  hotel udah aku email barusan mbak, Semangat ya mbak sorry jadi keganggu wekeendnya soalnya praktikan lain lagi ongoing kasus" Jelas Niken panjang 

Gue ngecek hp untuk melihat email masuk kemudian gue balik ngomong sama Niken "Yaelah ken udah kerjaan gue kali, santai aja sih lo jangan begadang mulu lingkaran mata lo udah kek panda tuh, gue pergi dulu ya sisanya kirim email kalau ada tambahan dokumen, see you Ken" Sambung gue lagi dan langsung ke tempat parkiran dan bergegas buat pulang.

===============================================================================

Note :

Assesment : Merupakan tahap awal dimana kita menggali informasi tentang klien terkait kasus yang akan ditangani,bisa dengan tanya – jawab, observasi tingkah laku serta kegiatan klien sehari – hari. 

Cerita ini semua hanya fiksi jika ada nama peran dan tempat mohon maaf

Thank you sudah membaca cerita ini

Komentar

Postingan Populer